Fabrikasi General Supplier

Fabrikasi General Supplier

PT. Solusi Rekayasa Mandiri merupakan perusahaan yang memberikan solusi untuk berbagai macam alat penunjang kerja, baik di pabrikasi maupun perkantoran. Tidak hanya itu, PT. Solusi Rekayasa Mandiri juga mengembangkan ruang lingkup usahanya yaitu dalam bidang Fabrikasi General Supplier, Painting Line System, Spray Booth Baking Oven, General Supplier, dan Kontraktor.

PT. Solusi Rekayasa Mandiri telah berkembang menjadi perusahaan kontraktor yang menangani semua kegiatan pabrik dengan klien perusahaan multi nasional dan perusahaan lokal dengan berbagai pengalaman fabrikasi dan bidang utilitas, general supplier, mekanik, listrik, sipil dan otomatisasi.

Painting line system bekasi, Fabrikasi general supplier, Spray booth baking oven bekasi

Misi kami adalah memberikan satu solusi untuk semua mesin di pabrik dengan visi memberikan melebihi harapan pelanggan.

Dengan tim ahli di semua aspek layanan, tim kami akan memberikan solusi dari semua permasalahan yang dibutuhkan oleh pelanggan serta membuatnya nyata dengan kualitas yang sangat baik dan prinsip “Safety First” dalam melakukan pekerjaan.

Industri manufaktur sangat identik dengan istilah ‘fabrikasi’. Pada dasarnya, produk-produk yang dihasilkan oleh industri ini umumnya melewati proses fabrikasi. Namun sebenarnya, apa itu fabrikasi?

Fabrikasi adalah sebuah proses operasional di dalam industri manufaktur yang membuat barang dari bahan baku atau bahan setengah jadi. Contoh yang paling umum dan mudah adalah baja. Baja akan melalui proses fabrikasi terlebih dahulu sebelum menjadi alat dengan fungsi baru seperti menjadi rangka baja.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengecek artikel berikut ini untuk mengetahui definisi, jenis, proses dan contoh produk fabrikasi.

General supplier

Definisi Fabrikasi General Supplier

Perusahaan manufaktur umumnya memiliki produk yang bermacam-macam dengan desain dan fungsi yang berbeda. Untuk mewujudkan tujuan pembentukan produk yang sesuai dengan standar desain tersebut itulah bahan baku akan terlebih dahulu melalui proses fabrikasi.

Jadi secara sederhana, fabrikasi adalah proses pengolahan komponen material baku atau setengah jadi yang dirangkai, dibentuk, dan dimanipulasi untuk menghasilkan barang baru yang memiliki nilai tambah dan fungsi.

Bisa dikatakan juga bahwa fabrikasi adalah rangkaian pekerjaan membangun sesuatu dengan berbagai cara manual (tenaga manusia) maupun dengan bantuan otomatisasi seperti menggunakan alat-alat pabrik manufaktur.

Adapun material mentah yang umumnya menjadi bahan baku adalah pelat, pipa, baja, stainless steel, aluminium, dan logam lainnya. Nantinya, material mentah ini akan dibentuk oleh mesin fabrikasi sesuai dengan fungsi yang diinginkan pabrik manufaktur.

Pada proses fabrikasi, mesin-mesin yang digunakan fabrikasi adalah mesin bending, roll, sharing, las, shotblast, hingga mesin pengecatan dan lainnya.

Jenis Jenis Fabrikasi

Proses fabrikasi dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan tempat dimana proses ini dilakukan. Jenis-jenis fabrikasi adalah sebagai berikut.

1. Workshop Fabrication

Workshop fabrication adalah jenis fabrikasi yang berlangsung di dalam sebuah bangunan atau gedung workshop yang di dalamnya dilengkapi alat dan mesin pemroses fabrikasi dan produksi seperti alat mesin potong plat, las, overhead crane, mesin bending, dan lainnya.

2. Site Fabrication

Berbeda dengan workshop fabrication yang dilakukan di dalam gedung, site fabrikasi adalah proses fabrikasi yang dilakukan diluar gedung seperti pada area terbuka seperti area konstruksi bangunan. Tujuan dari fabrikasi jenis ini memang ditujukan untuk menghasilkan rangkaian struktur konstruksi bangunan.

Pada site fabrication, proses-proses fabrikasi ini dilakukan mulai dari pengolahan bahan material seperti pemotongan, pengeboran, pengelasan, assemblingfinishing hingga pemasangan langsung pada konstruksi bangunan.

Selain itu, ada pula istilah offshore fabrication dan onshore fabrication. Jenis fabrikasi ini juga berdasarkan tempat dilakukannya proses tersebut. Onshore fabrication dilakukan di darat, sedangkan offshore fabrication dilakukan di tengah laut.

Painting line system bekasi, Fabrikasi general supplier, Spray booth baking oven bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *